The Imitation Game; Satu Langkah Benedict Cumberbatch Menuju Oscar

The Imitation Game; Satu Langkah Benedict Cumberbatch Menuju Oscar

Komputer, dalam berbagai jenis dan ukuran, tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Tapi pernah gak kita berpikir siapa sosok yang menciptakan mesin pintar ini?

The Imitation Game adalah film yang menceritakan kehidupan pencipta komputer modern, Alan Turing. Film ini disutradarai Morten Tyldum dengan screenplay buatan Graham Moore berdasarkan buku Alan Turing: The Enigma karya Andrew Hodges.
The-Imitation-Game-Quad-poster-Benedict-Cumberbatch1

The Imitation Game menyorot 3 fase kehidupan Alan Turing : remaja, dewasa, dan tua. Fokus terbesar tentu saja fase kehidupan dewasa saat ia berkutat memecahkan kode rahasia buatan Jerman. [mild spoiler] Mulai dari masa remaja Turing dengan first crush-nya Christopher Morcomm,saat dewasa ketika ia diminta bergabung dalam tim rahasia di Bletchley Park, terakhir masa tuanya yang berakhir tragis.

Film ini banyak didukung nama-nama besar, sebut 2 di antaranya Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley

Kalau dibandingkan dengan fakta sejarah, lumayan banyak detail yang tidak akurat. Misalnya alat ciptaan Turing sebenarnya bernama Bombe, namun dalam film ini menjadi Christopher.

Terus, apa yang asyik dari film ini?

Akting brilian Benedict Cumberbatch dan semua aktor-aktris lainnya membuat gue betah duduk 110 menit tanpa merasa ngantuk. Cumberbatch sukses memainkan Turing yang anti sosial, canggung, kaku, tapi jenius banget. Selain itu dia juga memperlihatkan di balik semua kelemahan dan kelebihannya, Turing tetap manusia biasa yang takut akan kesepian.

Gue suka banget adegan saat Turing berusaha mengajak teman setimnya “berdamai” dengan membawakan apel. Hal kecil tapi sangat berarti bagi Turing yang susah mengungkapkan perasaan. Adegan ketika mereka pertama kali sukses memecahkan kode, lalu dilema haruskah menyerahkan seluruh informasi atau tidak ke pemerintah, itu sebagian adegan yang membuat gue tersenyum, ketawa, dan terenyuh.

Satu hal yang rada mengganggu sih flashback yang kurang enak perpindahannya. Terutama adegan Turing masa tua ke masa dewasa dan sebaliknya.

Overall, this is a very good movie. Wajar The Imitation Game dinominasikan beberapa kategori Oscsr, salah satunya Aktor Terbaik. Hahahaha. Oscar tahun ini bakal menarik

Advertisements

2 thoughts on “The Imitation Game; Satu Langkah Benedict Cumberbatch Menuju Oscar

  1. Aku suka suka suka banget sama film ini!! Dan baru nyadar dulu pernah naro Alan Turing di skripsi aku. :)) Btw kamu spoiler dikiit. Untung aku udah tonton. Hehehe.. Di atas ditaro aja kak disclaimer kalo ada spoiler. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s