[Movie] The Great Wall

[Movie] The Great Wall

Siapa sih yang gak tau Tembok Besar China? Menurut sejarah, tembok yang dibangun selama belasan abad itu tujuannya untuk melindungi China dari serangan bangsa lain atau suku sekitarnya. Namun legenda memiliki cerita berbeda. Hal ini yang diangkat sutradara Zhang Yimou lewat film terbarunya The Great Wall.

William Garin (Matt Damon) dan Pero Tovar (Pedro Pascal) adalah tentara bayaran yang mencari black powder. Alih-alih dapat black powder, mereka diserang monster dan kemudian ditahan oleh tentara China di dalam Tembok Besar. Pada saat itu Kekaisaran China menghadapi serangan monster Taotie. Monster yang menyerang setiap enam dekade ini muncul sejak ratusan tahun lalu. Tembok Besar inilah benteng pertahanan utama bangsa China melawan monster tersebut.

Status William sebagai tahanan naik menjadi pahlawan saat ia membunuh Taotie yang masuk ke dalam benteng. Sejak saat itu ia  dihormati oleh para panglima perang. Ternyata di benteng tersebut ada black powder yang William dan Pero cari. Sekarang ada dua pilihan bagi William; kabur sambil membawa black powder atau turut berperang melawan Taotie.

Yap, ceritanya simpel kok. Intinya adalah membasmi habis Taotie. Namun ceritanya terjalin dengan rapih, gak memaksakan masuk plot twist ngejelimet yang malahan bisa ngejatuhin film tersebut. Jadi apa dong yang bagus dari film ini? Kenapa gue sampe duduk tegang sambil remes gemes bangku bioskop selama 2 jam kurang? 

  1. Visualnya edan
    Eyegasm to the max. Megah dan detail. Untuk memperlihatkan kemegahan Tembok Besar dan pemandangannya, Zhang Yimou banyak ambil shoot dari atas. Ada adegan perang yang sekilas mengingatkan gue akan Shingeki no Kyoujin.
    the-great-wall-04
  2. Colorful
    Dari zaman Hero, gue memang suka dengan permainan warna Zhang Yimou. Mulai dari adegan sampai armour jenderal perangnya full colour! Favorit gue armour Pasukan Bangau pimpinan jenderal Lin Mae (Jin Tiang).
    the-great-wall-03the-great-wall-02
  3. Cast
    Stellar cast! Mulai dari pemain Barat sampai aktor dari China semuanya beken dan berkelas. Awalnya gue sempet  ragu dengan film ini karena film sejarah China kok ada cast Barat. No offense untuk fans Matt Damon. Banyak yang menuduh whitewashing sampai Zhang Yimou mengeluarkan statement membela Matt Damon. Gue memutuskan nonton sih demi Andy Lau.OMG ANDY LAU. Pas dia muncul rasa hati ingin menjerit bahagia. Duh, umur udah di atas 50, tapi gantengnya teteup aja gak berkurang. Peran Andy sebagai Strategist Wang gak gede sih, tapi  namanya aktor senior tetep aja stand out. Setiap dia muncul gue cuma remes gemes kursi bioskop demi menahan gejolak hati. Hahahaha.
    Andy Lau The Great Wall.jpg

    Back to cast, setelah nonton gue akui keberadaan Matt Damon dan beberapa pemain Barat gak ganggu sih. Keberadaan mereka dalam cerita cukup masuk akal, jadi gue santai aja. Yah, ini kan salah satu kompromi Zhang Yimou supaya aktor Asia namanya semakin naik di perfilman internasional.

Jika lo penggemar film kolosal fantasi, jangan sampai lewatkan The Great Wall. Keren, seru, menegangkan, plus sangat menghibur. 🙂

Image credits ©http://www.thegreatwallmovie.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s