[Movie] Silence

[Movie] Silence

Dulu gue pernah baca kasus di komik Detektif Kindaichi yang menyinggung sedikit tentang penyebaran agama Kristen di Jepang. Pada zaman itu orang Jepang penganut Kristen hidup di bawah tekanan. Mereka menyamarkan patung Bunda Maria sehingga mirip salah satu dewa pujaan.

Oleh karena itu gue tertarik nonton Silence. Film garapan Martin Scorsese ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Endou Shuusaku. Bisa dibilang film ini ambisi terpendam Scorsese, makanya memakan waktu 25 tahun untuk mewujudkannya.

silence

Jadi pastor Rodrigues (Andrew Garfield)  dan Garupe (Adam Driver) pergi ke Jepang untuk mencari serta membuktikan benarkah romo Ferreira telah meninggalkan imannya. Perjalanana mereka berdua gak mudah. Mereka ketemu penduduk yang diam-diam menganut Kristen. Penduduk  meminta mereka menjadi pastor pembimbing.

Tentu saja harus sembunyi-sembunyi karena pemerintah saat itu menangkap pastor dari negara asing dan juga warga yang menganut Kristen. Setelah beberapa kejadian, mereka memutuskan berpisah demi melindungi penduduk dan mencari romo Ferreira.

Rodrigues kini sendirian melaksanakan misinya. Ujian terberat adalah saat ia ditangkap dan dipaksa mengingkari imannya atau pengikutnya jadi korban.

Sesuai judulnya, film ini sunyi. BGM yang digunakan sedikit. Bagus sih, jadinya monolog yang banyak dilakukan Rodrigues dapat feel-nya. Garfield mainnya bagus, terlihat dan tersampaikan depresi dan pergumulan dia dalam perjalanannya.

Durasi Silence 160 menit. Bagi yang lebih suka film pace cepat dan banyak aksi, gue gak sarankan nonton. Silence ngajak kita mikir mengenai hubungan individu dengan penciptaNya.

Jika senang film yang serius dan banyak dialog, Silence adalah pilihan terbaik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s