Pesan Titipan Dalam X-Men Gold

Pesan Titipan Dalam X-Men Gold

Jagad internet (terutama fans komik) lagi rame gara-gara 2 panel komik X-Men Gold yang digambar Ardian Syaf

Pada panel pertama Colossus mengenakan kaos bertuliskan QS 5:51 (mengacu pada Al-Maidah ayat 21); panel kedua menunjukkan angka 212 di dinding gedung. Yap, kedua easter eggs tersebut mengacu pada demo anti Ahok beberapa bulan lalu. Kita juga tahu kan demo tersebut banyak tunggangan politis plus anti-China juga.

“212 bukannya Wiro Sableng?”

Nope. Panel 212 digambar Ardian Syaf setelah dia pulang dari demo tersebut. Artinya dia penuh kesadaran saat menggambarnya. Otomatis tahu juga resikonya.

Gue dulu respect banget sama dia. Gue pernah interview yang bersangkutan. Gak nyangka perubahan dia sampai begini.

Hak dia mau punya pandangan politik. Yang gue sayangkan adalah dia memasukkan pandangan tersebut ke komik X-Men. Serial X-Men kan mengangkat kesetaraan dan melindungi hak individu tanpa memandang latar belakang. Tindakam Ardian Syaf merusak pesan tersebut.

Ardian Syaf sudah mulai membunuh karirnya ketika dia menggambar ini. Semoga gak berdampak parah pada komikus Indonesia yang sedang atau mau berkarir di dunia internasional.

ETA: Berita ini udah masuk Wiki, 9Gag, dan Bleedingcool

ETA 2: Respons dari Marvel Comics.

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s