Ngajak Foto Bareng Pun Ada Etikanya Loh

Ngajak Foto Bareng Pun Ada Etikanya Loh

Beberapa waktu lalu netizen ramai karena video post Dian Sastrowardoyo menepis tangan fan dan wajahnya (Dian) kayak jijik. FYI, si fan gak pakai permisi langsung menyelipkan tangannya di lengan Dian. Dian yang kaget pun menepis.

Gara-gara kejadian tersebut Dian Sastro dicela sombong, arogan, lupa daratan, dll. Bahkan ada yang boikot film Kartini. Sampai Dian Sastro minta maaf  atas kejadian tersebut.

I feel sorry to Dian Sastro. Dia sebenarnya gak harus minta maaf. Dian sama sekali gak salah dalam kejadian ini. Put yourself in her shoes. Kalau tiba-tiba ada orang colek, pasti reflek lo menepis kan. Apalagi ini orang menyelipkan tangan di lengan loh. Masih bagus mbak Dian gak reflek gaplok. Jika kemudian Dian menampakkan wajah gak suka, YA WAJAR KELEUS. Si penggemar kan udah melanggar personal zone dia.

Orang lupa bahwa orang beken pun manusia biasa. Mereka punya privacy, personal zone, dan gak wajib setiap saat melayani penggemar.

Gue pun seorang penggemar dan pernah kerja di talent management. Jadi gue bisa mengerti perasaan penggemar yang pengen interaksi dengan idolanya. Tapi gue juga paham bahwa orang beken pun ada saatnya gak siap meladeni penggemar.

Gue pun pernah mengalami ditolak minta foto bareng. Gue dan temen-temen ketemu grup visual kei Jepang di Gandaria City. Kami mau ajak foto bareng namun dijawab manajernya “Ashita ashita” (Besok besok). Kami paham bahwa itu penolakan halus. Ya udah, kejadian itu malah jadi inside joke di antara kami.

Kecuali kejadian dengan grup visual kei tersebut, gue sih biasanya mulus kalau mau ajak foto bareng dengan aktor/aktris favorit. Biasanya ini sih yang gue lakukan:

  1. Sapa mereka terlebih dahulu. Jangan main colek, jaga personal zone. Sapa “hai” terus tanya dengan sopan boleh gak foto bareng.
  2. Kadang mereka sama manajer. Jangan cuekin si manajer. Tanya dengan sopan boleh gak foto dengan talent dia. Kalau beruntung, malah manajer mau bantu fotoin kamu.
  3. Jangan ngelunjak. Ketika mereka bersedia foto bareng di luar event meet and greet, berarti kita telah mengambil sedikit waktu mereka.
  4. The most important thing is… mereka berhak menolak foto bareng. Kita gak boleh protes, sebab itu hak pribadi mereka sebagai manusia. Kalau sudah begitu ya berbesar hati saja. Tetap senyum dan ucapkan terima kasih. Bisa saja suatu saat kalau ketemu lagi mereka mau diajak foto bareng.

Pengalaman gue paling ribet biasanya foto sama grup band Jepang (ada trik tersendiri). Aturannya cukup banyak, tapi itu semua untuk menjaga privacy dan kenyamanan mereka. Artis Indonesia tergantung sih. Biasanya kalau lagi gak sibuk mereka mau sih diajak foto bareng.

10321719_10152484017440682_4975537360153969407_o

Joe Taslim termasuk aktor Indonesia yang paliiiiiing ramah diajak foto bareng. Gue pernah foto bareng dia di dua moment berbeda sebelum ini. Tapi tetep aja…. gue terbata-bata pas ajak foto. Hahahaha.

Semoga “tips” di atas berguna ya. Hahahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s