ANGELA – STREET SPIRIT TETAP HIDUP DALAM DIRI KAMI

ANGELA – STREET SPIRIT TETAP HIDUP DALAM DIRI KAMI

By: qamadhieta

Sora o aogi hoshi yo michite .Tobitatsu no Asu e no brilliant road.
Kokoro no aosa kono te ni daite go far away.

Familiar dengan irik di atas? Kalau kamu pernah nonton Uchuu no Stellvia pasti tahu dong laguAsu e no brilliant road yang dinyanyikan angela. Duo angela dibentuk tahun 1993 oleh atsuko (komposisi lagu, lirik,vokalis) dan KATSU (komposisi lagu, aransemen, keyboard, gitar).
Debut pertama mereka adalah memories dari anime Shin Hakkenden, namun single ini tidak begitu populer. Kesuksesan Asu e no Brilliant Road (2003) kemudian disusul Shangri-La (2004, Soukyuu no Fafner) membuat duo angela semakin dikenal luas oleh fans anime.
Awalnya atsuko dan KATSU tidak terpikir untuk eksis di jalur anisong. Setelah fans mengatakan suka anisong buatan mereka, baru atsuko dan KATSU yakin bahwa memang ini jalan angela .

Angela 01

Makko bersama media lain mendapat kesempatan interview angela saat AFAID. Kesan pertama begitu bertemu mereka : menyenangkan. atsuko ramah dan sopan sementara KATSU yang tidak banyak omong selalu tersenyum.

Berikut ini interview angela :
– angela memulai karir sebagai street performer. Bagaimana perasaan Anda setelah Asu e no Brilliant Road terkenal dan tampil di panggung di luar negeri ?

atsuko : “Setelah debut kami masih main di jalan, tapi kemudian berhenti karena terlalu sibuk.Namun perasaan tersebut (saat tampil di jalan) tidak hilang. Tampil di panggung besar ataupun kecil, spirit dan perasaan seperti saat kami dulu main di jalan tetap ada.
Yang terpenting adalah person to person relationship, kami selalu mencoba memandangi wajah penonton satu-persatu. Mungkin saja penonton yang tadinya bukan fans kami jadi tertarik dan kemudian bercerita mengenai angela kepada orang lain.”

KATSU : “Itulah Street Spirit.”

– Apa impian terbesar atsuko, KATSU, dan angela ?

atsuko : “Ingin bisa seperti Mizuki Ichirou-san yang masih bernyanyi di luar negeri dan di depan banyak orang meski sudah berumur 60 tahun lebih.”

KATSU : “Anime menjadi booming di dunia, serta banyak orang menonton anime. Saya ingin melanglang buana ke berbagai tempat seperti Eropa, Amerika, dan sebagainya, bukan hanya Asia – sebagai angela. ”

atsuko : “Sebagai angela kami berharap semoga K sukses ! Kami ingin membawakan theme song K di banyak negara.”

– Mau menyanyi tiga lagu anime apa jika angela diberi kesempatan lagi menyanyi anisong lain ?

atsuko : “Sousei no Aquarion,lagunya bagus ya. Lalu, apa ya..ah, Macross Frontier. Saya sering nyanyi LION di karaoke. Kemudian Makafushigi Adventure (red :opening Dragon Ball).”

KATSU : “Lagu Uta no Prince-sama yang dinyanyikan STARISH…tapi bercanda kok. Hm, Evangelion, Gundam, hm…” *tiba-tiba atsuko menyanyikan sebait lagu* “Ah, One Piece.”

Angela 02

angela menjadi artis kedua yang mengisi Anisong Super Stage hari terakhir. Setlist angela :
– Asu e no brilliant road
– Aoi Haru
– Separation
– Kings (theme song anime K). Indonesia menjadi negara pertama yang diperdengarkan lagu ini sebelum K diputar tanggal 5 Oktober
– insert song K
– Soukyuu
– Shang-rila

Sebelum menyanyi Soukyuu, angela sempat bertanya ke penonton apakah mereka suka Gundam. Saat dijawab iya, atsuko menyanyikan kalimat pertama lagu Anna ni Isshou Datta Noni yang disambut meriah penonton, tapi ia berhenti lalu bilang, “Bukan lagu itu yang mau saya nyanyikan.”

KATSU dikenal dan bahkan mengaku sebagai penggemar first Gundam. Dia sering mengucapkan Zieg Zeon sambil meniru salam ala Zeon. Saat konser, KATSU dan atsuko memainkan skit kematian Garma Zabi. KATSU menirukan pidato Gihren Zabi, sedangkan atsuko menjadi Char Aznable yang menonton pidato Gihren.

angela berpamitan begitu selesai membawakan Shang-rila, tentu saja penonton yang belum puas meneriakkan encore . Tidak menunggu waktu lama, atsuko dan KATSU kembali ke panggung untuk membawakan lagu dari anime favorit mereka berdua, yaitu Zankokuna Tenshi no Thesis (Shinseiki Evangelion). Mayoritas penonton yang tahu lagu ini ikut bernyanyi bersama angela sampai habis.

Angela 03

Crowd penonton Anisong AFAID ternyata memberikan kesan khusus pada KATSU yang menulis di akun twitternya :

Sepertinya banyak fan anime indonesia yang beranggapan “toh nggak akan pernah datang ke negeri kita,” (maksudnya para artis anisong). Oleh karena itu ketika angela menjadi langkah awal dari event anisong besar-besaran di negeri ini, aku bangga sekali jadinya.
“Terima kasih sudah datang ke Indonesia” – kalimat itu tidak habis-habisnya kami terima dalam event tanda tangan hari ini. Aku hampir menangis terharu waktu mendengar ada wartawan lokal mengatakan “ada banyak orang yang memahami bahasa jepang di negeri ini, dan banyak dari mereka belajar dari anime.”

Aku jadi semakin merasakan ‘tanggung jawab’ untuk terus berkecimpung di dunia anisong, karena melihat sendiri bahwa di sisi lain dunia ini ternyata ada yang mendengarkannya. dan di atas segalanya aku semakin ingin menyebarkan kehebatan anime dan anisong jepang ke seluruh dunia. Terima kasih atas mimpi, dan mimpi yang kau kabulkan, Indonesia! Katsu

Follow @MAKKO di Twitter dan Like MAKKO di Facebook untuk membaca komik berkualitas asli Indonesia dan info terbaru seputar dunia pop-culture

Dipublikasikan di Makko.co http://makko.co/read/blog/371/2012/09/09/angela—street-spirit-tetap-hidup-dalam-diri-kami 9 September 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s